Kamis, 15 Juli 2021

OPTIMISASI ECONOMIC DISPATCH MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI

  • Juli 15, 2021
  • Penerbit NEM

 

Permasalahan dalam Economic Dispatch (ED) adalah untuk menentukan kombinasi pembangkitan yang optimal antara unit-unit pembangkit yang beroperasi dengan tujuan meminimalkan total biaya bahan bakar dan dapat memenuhi permintaan beban serta batas-batas teknis dan operasional. ­

Sudah banyak metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah ED, semua metode yang digunakan bertujuan untuk meminimalkan biaya bahan bakar dengan­ tetap memperhatikan batas-batas­ ­teknis seperti kapasitas pembangkitan maksimum dan minimum dari masing-masing unit pembangkit dan besar beban yang harus disuplai. Salah satu metode untuk menyelesaikan masalah ED adalah Metode Taguchi yang akan digunakan dalam kajian buku ini. Metode Taguchi adalah metode yang sudah sangat banyak digunakan dalam industri dan terbukti dapat menurunkan biaya dan meningkatkan kualitas produksi. Metode Taguchi menggunakan orthogonal arrays untuk pendekatan fungsi biaya.

Dalam­ Orthogonal ­­­­­Arrays ­ditentukan faktor-faktor yang paling berpengaruh pada biaya bahan bakar, setelah itu dipilih dua level atau lebih dari masing-masing faktor yang akan dipakai untuk menentukan biaya bahan bakar. Setiap level dari masing-masing faktor tersebut dikombinasikan untuk memperoleh fungsi biaya yang paling optimum dan akan digunakan sebagai fungsi dari pembangkitan untuk menentukan pembebanan optimal dan ekonomis dari pembangkit.