Selasa, 06 Juli 2021

MODEL BISNIS DALAM MENINGKATKAN NILAI PERUSAHAAN BADAN USAHA MILIK DAERAH (BUMD)

  • Juli 06, 2021
  • Penerbit NEM

 

Buku kecil ini berbasis dari sebuah disertasi yang penulis buat pada program doktoral ilmu manajemen dan pengalaman menjadi praktisi 30 tahun di berbagai industri serta 7 tahun terakhir ini di entitas Badan Usaha Milik Negara (BUMD). Sudah menjadi kelaziman pada suatu bisnis khususnya di BUMD melakukan studi kelayakan bisnis (feasibility study), rencana bisnis (business plan) serta membuat rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) pada setiap tahunnya.

Namun hanya sedikit sekali atau bahkan dapat dikatakan tidak pernah pada sebuah BUMD membuatkan Model Bisnis untuk unit bisnis yang dijalankannya sehingga harapannya dapat meningkatkan Nilai Perusahaan.

Beberapa hal mendasar yang menjadi pertanyaan bagi para pemegang saham (shareholder) dan juga pemangku kepentingan (stakeholder) adalah sbb:

- Apakah model bisnis itu?

- Apakah nilai perusahaan itu?

- Komponen apa sajakah yang merupakan bagian dari model bisnis di BUMD?

- Bagaimakah tingkat pengaruh model bisnis dalam meningkatkan nilai perusahaan?

- Apa saja yang harus dilakukan oleh BUMD untuk dapat membuat model bisnis sehingga nilai perusahaan dapat meningkat?

- Seperti apakah contoh pembuatan model bisnis itu?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka buku ilmiah ini layak untuk dibaca atau sebagai referensi, serta buku ini penting bagi Pemda sebagai pemegang saham (shareholder) khususnya bagian yang membidangi urusan BUMD, serta para pemangku kepentingan (stakeholder), yang dapat terdiri dari anggota legislatif (DPRD/DPR-RI), jajaran komisaris, direksi dan pegawai serta mitra dan investor. Buku ini juga penting bagi para dosen, mahasiswa dan peneliti yang tertarik pada ilmu manajemen, khususnya untuk topik model bisnis serta topik BUMD.