Kamis, 22 Juli 2021

GAYA KEPEMIMPINAN & KINERJA ORGANISASI

  • Juli 22, 2021
  • Penerbit NEM


 

Organisasi merupakan suatu wadah bagi orang-orang untuk berkumpul dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam organisasi tentunya perlu adanya hierarki pimpinan dan bawahan. Gaya kepemimpinan merupakan perilaku pemimpin yang digunakan seseorang ketika ingin memengaruhi orang lain. Bermacam-macam gaya kepemimpinan dapat digunakan oleh seorang pemimpin untuk memengaruhi dan memotivasi bawahannya, sehingga dapat meningkatkan kinerja bawahannya dalam melakukan pekerjaan.

Evaluasi kinerja merupakan suatu kegiatan yang dilakukan manajemen untuk menilai kinerja karyawan dalam suatu organisasi atau institusi dari berbagai bidang dengan membandingkan uraian pekerjaan yang telah ditetapkan sebelumnya. Evaluasi kinerja biasanya dilakukan dalam suatu periode tertentu, yaitu satu tahun sekali. Dengan adanya evaluasi kinerja maka dapat diketahui keberhasilan atau kegagalan seorang karyawan dalam melaksanakan tugas pokoknya. Menilai kinerja berarti membandingkan kinerja aktual bawahan dengan standar yang ditetapkan oleh perusahaan. Jika dikerjakan dengan benar, hal ini akan memberikan manfaat yang penting bagi karyawan, atasan, serta departemen Sumber Daya Manusia (SDM) dan perusahaan.

Selanjutnya, kinerja merupakan hasil dari serangkaian proses kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu organisasi. Bagi suatu organisasi, kinerja merupakan hasil dari kegiatan kerja sama di antara anggota atau komponen organisasi dalam rangka mewujudkan tujuan organisasi. Sederhananya, kinerja merupakan produk dari kegiatan administrasi, yaitu kegiatan kerja sama untuk mencapai tujuan yang pengelolaannya biasa disebut sebagai manajemen.  

Buku ini membahas konsep kepemimpinan, macam-macam gaya kepemimpinan, kelebihan dan kekurangan dari gaya kepemimpinan, dan strategi yang harus diterapkan. Selain membahas gaya kepemimpinan, buku ini juga membahas tentang evaluasi kinerja organisasi mulai dari konsep, jenis-jenis evaluasi kinerja, teknik penyusunan instrumen evaluasi kinerja karyawan, serta strategi penerapan dan pengolahan hasil dari evaluasi kinerja. Seyogyanya pimpinan tingkat tertinggi, pimpinan tingkat menengah, dan pimpinan tingkat pelaksana dari suatu institusi atau organisasi baik pemerintah maupun swasta menjadikan buku ini sebagai referensi dalam menjalankan perannya sebagai pimpinan.