Kamis, 15 Juli 2021

ANALISIS REGRESI PADA PENELITIAN EPIDEMIOLOGI

  • Juli 15, 2021
  • Penerbit NEM

 

 

Buku ini dimaksudkan sebagai referensi bagi para pembaca tentang bagaimana melakukan Analisis Regresi pada Penelitian Epidemiologi.

Sebagaimana kita ketahui bahwa analisis regresi logistik adalah salah satu pendekatan model matematis yang digunakan untuk menganalisis hubungan satu atau beberapa variabel independen dengan sebuah variabel kategorik yang bersifat dikotom/binary (artinya kategorik yang terdiri dari dua kelompok, misalnya sakit – tidak sakit, terpapar – tidak terpapar). Perbedaan antara regresi linear dengan regresi logistik terletak pada jenis variabel dependennya. Regresi linear digunakan apabila variabel dependennya numerik, sedangkan regresi logistik digunakan pada data yang dependennya berbentuk kategorik yang dikotom. Sebagai salah satu pemodelan statistik, analisis regresi merupakan teknik statistik yang banyak digunakan dalam penelitian untuk menaksir hubungan antarvariabel yang tentunya banyak digunakan oleh para peneliti di bidang kesehatan dan kedokteran.

Buku ini menyajikan langkah-langkah analisis termasuk uji asumsi yang harus dilakukan dalam melakukan analisis regresi. Diharapkan buku ini dapat menambah referensi dan membantu para pembaca yang sedang melakukan penelitian dan menggunakan analisis regresi, terutama bagi para peneliti di bidang kesehatan dan kedokteran.