E-Book Pembelajaran Kreatif
Perkembangan teknologi yang pada mulanya ditujukan untuk mempermudah
hidup manusia kemudian secara tidak langsung juga mempengaruhi terjadinya
perubahan di masyarakat. Kemudian secara timbal balik masyarakat akhirnya
dituntut untuk memiliki kemampuan yang dapat mengoperasikan dan menguasai
teknologi yang semakin berkembang dari industri ke arah komputerisasi dan
jejaring (networking). Hal ini
selanjutnya mempengaruhi paradigma dan trend
pembelajaran, yang semula bersifat tradisional dengan tatap muka langsung
antara mahasiswa dengan dosen bergeser menjadi blended learning yang
memadukan pembelajaran tradisional dengan elektronik (e-learning) untuk
memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang sesuai dengan perkembangan teknologi
tersebut.
Selain karena perkembangan teknologi, di masa pandemi Covid-19 seperti
sekarang ini memaksa pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan untuk
dilaksanakan lebih banyak secara virtual/daring daripada secara tatap muka.
Berbagai metode pembelajaran secara daring telah dikembangkan agar tidak
menimbulkan kebosanan, karena masa pandemi ini belum dapat diketahui kapan akan
berakhirnya. Setidaknya pembelajaran secara daring diharapkan dapat mengatasi
masalah kebosanan selama ini ketika menjalankan pembelajaran tradisional.
Beberapa di antaranya adalah dengan metode syncronous dan asyncronous.
Agar pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik maka diperlukan
suatu wadah yang dapat mengorganisasikan jalannya pembelajaran dan
mendokumentasikan seluruh materi bahan ajar yang sebaiknya disediakan oleh
masing-masing institusi pendidikan, yaitu Learning Management System
(LMS). LMS suatu institusi diharapkan dapat mewadahi penyelenggaraan
pembelajaran virtual/daring meliputi penyampaian bahan ajar, pengumpulan tugas,
ujian, hingga praktikum virtual. Dalam buku ini akan membahas lebih lanjut
mengenai berbagai macam platform dan aplikasi yang dapat digunakan untuk
mengadakan proses pembelajaran, ujian, dan praktikum virtual secara daring.